Tips Merawat Kain Endek Bali

Tips Merawat Kain Endek Bali

Tips Merawat Kain Endek Bali

Kain Endek merupakan kain khas bali, dengan berbagai motif, kini kain endek sering dimodifikasi untuk pakaian modern. Kain Endek berkembang sejak tahun 1985, kain endek sempat mengalami penurunan ketika bahan baku sempat sulit didapat dan harga benang mahal, namun sekitar tahun 2011, kain endek kembali berkembang. Hal ini didukung dengan banyaknya perusahaan dan instansi yang mengharuskan karyawannya menggunakan pakaian endek ke kantor pada hari-hari tertentu.

Penggunaan kain endek untuk keperluan sakral dan sosial dibedakan berdasarkan motifnya. Penggunaan kain endek berbeda-beda sesuai motifnya. Motif patra dan encak saji sering dikenakan untuk keperluan sakral dan upacara agama, sednagkan motif nuansa alam sering digunakan untuk kegiatan sosial atau kegiatan sehari-hari. Kain endek sangat cocok dikombinasikan dengan kain songket. Kain songket adalah kain dengan hiasan benang-benang emas atau perak. Pemberian benang emas atau perak tentu dapat dilakukan pada kain endek yang sering dijadikan hiasan pinggir kain, atau sering disebut kain endek songket.

Agar tetap awet dan memiliki warna yang bagus, kain endek perlu dirawat agar tidak cepat rusak, beberapa tips dibawah ini dapat anda jadikan referensi dalam merawat kain endek:

  • Hindai pencucian kain endek terlalu sering, karena dapat menyebabkan warna pada kain endek akan cepat luntur dan pudar. Hindari juga penggunaan detergen, karena cukup dicelupkan dalam air. Hindari pencucian kain endek pada mesin cuci, karena dalam jangka waktu panjang hal ini dapat membuat kain endek robek. Bila perlu, anda cukup angin-anginkan saja kain endek.
  • Jemur kain endek pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung karena dapat memudarkan ketajaman warna dan corak dari kain endek.
  • Jika ingin mensetrika kain endek, maka sebaiknya disetrika dalam keadaan setengah kering agar kain tidak mudah rusak, serta alat setrika cukup dalam kondisi setengah panas sehingga tidak merusak kain.
  • Anda juga dapat menaburkan wangi-wangian pada tempat penyimpanan kain sehingga terhindar dari binatang-binatang kecil perusak kain atau gunakan plastik khusus jika anda ingin menyimpannya dalam jangka waktu yang lama.

 

Sumber :
blog.kutaraya.com
www.endekbali.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Order by WA: 0818 0544 6278Kontak Kami