Mengenal Keindahan Kain Songket Bali

songket

Sejarah kain songket sering dikaitkan dengan Kerajaan Sriwijaya dan kawasan permukan budaya malayu. Selain itu kain songket erat dikaitkan dengan perdagangan India atau Arab.Menurut tradisi Indonesia sendiri, kain ini dikaitkan dengan kegemilangan Sriwijaya, kemaharajaan niaga maritim pada abad ke-7 hingga ke-13 di Sumatera. Hal ini karena pusat kerajinan songket paling mahsyur di Indonesia adalah kota Palembang.  Namun, saat ini pusat kerajinan kain songket berada di  Bali, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Lombok dan Sumbawa.

Songketa adalah kain mewah yang sebenarnya memerlukan sejumlah emas asli untuk dijadikan benang emas, kemudian ditenun tangan menjadi kain yang cantik. Songket eksklusif, memerlukan di antara satu dan tiga bulan untuk menyelesaikannya, sedangkan songket biasa hanya memerlukan waktu sekitar 3 hari. Mulanya kaum laki-laki menggunakan songket sebagai destar, tanjak atau ikat kepala. Kemudian barulah kaum perempuan mulai memakai songket sarung dengan baju kurung.

Kain tenun songket Bali digunakan untuk beragam upacara penting dalam siklus kehidupan masyarakat Bali, antara lain upacara potong gigi, perkawinan, hari raya, kremasi, dan upacara keagamaan serta dalam acara adat. Kain Songket di Bali dibedakan berdaarkan jenis benang penyusun motifnya, misalnya Kain Songket Benang Emas yang menggunakan benang emas dalam desainnya.  Kain Songket Benang Perak memiliki bahan baku benang perak, sedangkan Kain Songket Benang Katun menggunakan berbagai warna dalam desainnya. Untuk Kain Songket Benang Kombinasi merupakan songket bali yang sedang trend karena menggunakan berbagai campuran benang baik emas maupun perak. Biasanya songket jenis ini yang lebih digemari dan memiliki trend tersendiri dilihat dari ragam motifnya yang bervariasi. Saat ini, kain Songket Bali masih menjadi komoditas masyarakat Bali dan harganya pun bervariasi sesuai ketebalan dan kelembutan kain songket. Salah satu kebudayaan Indonesia ini sebaiknya harus selalu kita lestarikan.

 

Sumber : www.anacaraka.co.id/mengenal-kain-songket-bali/ www.arunabutik.com/keindahan-kain-songket-bali/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Order by WA: 0818 0544 6278Kontak Kami