Cara Merawat Berbagai Jenis Kebaya

 

      Kebaya merupakan salah satu fashion yang berkembangannya cukup pesat saat ini, berbagai jenis dan modifikasi kebaya saat ini dibuat untuk digunakan dalam menghadiri berbagai acara baik formal maupun tidak formal. Kebaya di Indonesia digunakan di berbagai acara mulai dari perkawinan, wisuda, acara fashion, upacara adat, dan sebagainya. Hiasannya pun dilengkapi dengan berbagai border, payet, pita sulam, hingga pernak-pernik dan warna-warni yang beragam. Bahkan tidak jarang, seseorang rela mengeluarkan budget lebih untuk membeli kebaya atau melakukan modifikasi pada kebayanya.

    Kebutuhan akan kebaya yang berkualitas tentu harus diimbangi dengan perawatan setelah membeli dan menggunakannya, perawatan kebaya berbeda dengan baju atau fashion lain karena kebaya memiliki bahan dan aksesoris yang beragam, berikut ini beberapa cara merawat kebaya:

  1. Bila anda memutuskan untuk melakukan perawatan sendiri tanpa bantuan seperti mencuci, maka anda dapat merendam kebaya dalam air sabun kurang lebih selama 10 menit, lalu bilas bersih dengan perlahan, tidak perlu di kucek cukup dicelup-celupkan kedalam air rendaman kemudian bilas perlanan. Kemudian jemur dengan cara diangin-anginkan artinya hindari paparan sinar matahari langsung, serta anda tidak perlu memeras kebaya. Untuk jangka waktu pencucian, kebaya yang masih baru dapat dicuci 1 sampai 2 kali setelah 3 hingga 5 kali pemakaian. Bila anda merasa repot untuk mencuci sendiri, sebaiknya anda membawa kebaya ke laundry dan menghindari mencuci kebaya dengan mesin.
  2. Jika terdapat noda pada kebaya anda, gunakan air jeruk nipis tepat diatas noda tersebut, diamkan beberapa saat hingga dapat terserap lalu rendam bagian noda pada kebaya lalu bilas. Hindari menggosoka atau menyikat kebaya anda, jika anda tidak ingin payet atau aksesoris kebaya menjad rusak.
  3. Kebaya yang tersimpan lama pada lemari umumnya sangat mudah diserang ngengat, oleh karena itu untuk menghindarinya letakkan pewangi lemari di tempat penyimpanan kebaya anda, serta sesekali angin-anginkan koleksi kebaya anda sehinga tidak berada lama pada tempat yang lembab. Usahakan untuk menyimpan kebaya dengan cara melipat atau ditempatkan di kotak khusus dan menghindari kebaya untuk digantung. Hal ini disebabkan oleh beberapa jenis kebaya yang elastis cenderung akan melebar karena digantung, namun jika kebaya anda penuh dengan payet hindari melipat kebaya agar tidak merusak atau bahkan mengurangi keindahan payet pada kebaya anda, sehingga anda dapat menggantungnya di lemari penyimpanan dengan tetap memastikan lebar gantungan sesuai dengan kebaya anda sehingga tidak melonggarkan kebaya.
  4. Beberapa kebaya membutuhkan pemanas atau disetrika sebelum digunakan, namun anda perlu memperhatikan bagian payet dan sesuaikan suhu setrika dengan bahan kebaya.

 

Sumber:

http://www.balikebaya.com/

http://www.femina.co.id/

https://fitinline.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Order by WA: 0818 0544 6278Kontak Kami